RENCANA PEMBELJARAN DARING (RPD)
Di dalam pembelajaran daring mahasiswa harus memiliki willingness to learn yang tinggi, menjadi pembelajar yang lincah mencari sumber belajar dengan berselancar melalui internet dan belajar bersama sama. RPD disusun agar mahasiswa mampu memetakan dan menyusun strategi belajar agar ketercapaian kompetensinya tiap CPMK secara maksimal karena mengetahui waktu yang terbaik untuk menyelesaikan tugas dan mencari sumber belajar secara mandiri serta menyimak pembelajaran.
Minggu ke |
Topik Bahasan |
Aktifitas
|
1 |
Agama Islam dan kehidupan
|
Mahasiswa: Mahasiswa mendengarkan penjelasan yang disampaikan oleh Dosen via zoom. Mahasiswa membuat resume Mahasiswa berdiskusi Memastikan bahwa terdapat materi dan penugasan di pertemuan minggu pertama Dosen melakukan pemaparan tentang Learning Journey Mata Kuliah Agama Islam selama satu semester via zoom, dilanjutkan dengan penjelasan materi minggu pertama. |
2 |
Konsep Tuhan dan implikasinya dalam diri dan masyarakat |
Mahasiswa: Mahasiswa mempelajari materi yang ada di CDS Mahasiswa membuat resume dan menjawab kuis Mahasiswa secara individu membuat video pendek syair Asmaul Husna dengan suara sendiri dan mengshare ke media social (Youtube, Instagram, atau Tiktok dengan mengtag UNIVERSITAS) dan mengupload link di LMS Memastikan bahwa terdapat materi dan penugasan di CDS Memastikan berjalannya pembelajaran di CDS |
3 |
Hakekat Manusia dan kehidupan
|
Mahasiswa: Mahasiswa mempelajari materi yang ada di CDS Mahasiswa membuat resume dan menjawab kuis Memastikan bahwa terdapat materi dan penugasan di CDS Memastikan berjalannya pembelajaran di CDS |
4 |
Aqidah Sebagai Pondasi Pelaksanaan Syariah
|
Mahasiswa: Mahasiswa mempelajari materi yang ada di CDS Mahasiswa membuat resume dan menjawab kuis Memastikan bahwa terdapat materi dan penugasan di CDS Memastikan berjalannya pembelajaran di CDS |
5 |
Iman, Islam Dan Ihsan dalam Membentuk Insan Kamil
|
Mahasiswa: Mahasiswa mempelajari materi yang ada di CDS Mahasiswa membuat resume dan menjawab kuis Memastikan bahwa terdapat materi dan penugasan di CDS Memastikan berjalannya pembelajaran di CDS |
6 |
Etika, Moral dan Akhlak
|
Mahasiswa: Mahasiswa mempelajari materi yang ada di CDS Mahasiswa membuat resume dan menjawab kuis Memastikan bahwa terdapat materi dan penugasan di CDS Memastikan berjalannya pembelajaran di CDS |
7 |
Islam Dalam Pengembangan Peradaban Dunia |
Mahasiswa: Mahasiswa mendengarkan penjelasan yang disampaikan oleh Dosen via zoom. Mahasiswa membuat resume dan menjawab kuis Memastikan bahwa terdapat materi dan penugasan di CDS Dosen melakukan pemaparan materi dan kisi-kisi Ujian Tengah Semester via zoom, |
8 |
Ujian Tengah Semester (soal UTS terdiri dari pilihan berganda UTS dilakukan melalui LMS |
Mahasiswa: Mahasiswa mengerjakan soal ujian, menjawab dengan baik dan benar Dosen mengawas UTS dan menjawab pertanyaan manusia jika ada yang belum jelas tentang tatalaksana UTS. Dosen memeriksa, mengevaluasi dan menilai hasil UTS dan jika ada mahasiswa yang tidak mampu untuk mencapai CPMK B maka dilakukan remedial
|
9 |
Sumber – Sumber Ajaran Islam
|
Mahasiswa: Mahasiswa mempelajari materi yang ada di CDS Mahasiswa membuat resume dan menjawab kuis Memastikan bahwa terdapat materi dan penugasan di CDS Memastikan berjalannya pembelajaran di CDS |
10 |
Thaharah dan Ibadah Shalat, |
Mahasiswa: Mahasiswa mempelajari materi yang ada di CDS Mahasiswa membuat resume dan menjawab kuis Mahasiswa secara individu membuat video pendek bacaan sholat dengan suara sendiri dan mengshare ke media social (Youtube, Instagram, atau Tiktok dengan mengtag UNIVERSITAS) dan mengupload link di LMS
Memastikan bahwa terdapat materi dan penugasan di CDS Memastikan berjalannya pembelajaran di CDS |
11 |
Pernikahan, Perceraian, Iddah, Rujuk dan Hikmah Pernikahan.
|
Mahasiswa: Mahasiswa mempelajari materi yang ada di CDS Mahasiswa membuat resume dan menjawab kuis Memastikan bahwa terdapat materi dan penugasan di CDS Memastikan berjalannya pembelajaran di CDS |
12 |
Urgensi Zakat dalam kehidupan |
Mahasiswa: Mahasiswa mempelajari materi yang ada di CDS Mahasiswa membuat resume dan menjawab kuis Mahasiswa secara kelompok membuat video dokumentasi laporan kegiatan social (Mengumpulkan sesuatu yang bermanfaat untuk diberikan kepada yang membutuhkan) dan mengshare ke media social (Youtube, Instagram, atau Tiktok dengan mengtag UNIVERSITAS BINAWAN) dan mengupload link di LMS Memastikan bahwa terdapat materi dan penugasan di CDS Memastikan berjalannya pembelajaran di CDS |
13 |
Islam dan Keindonesiaan (Kerukunan dan Toleransi Beragama)
|
Mahasiswa: Mahasiswa mempelajari materi yang ada di CDS Mahasiswa membuat resume dan menjawab kuis Memastikan bahwa terdapat materi dan penugasan di CDS Memastikan berjalannya pembelajaran di CDS |
14 |
Bagaimana agama menjamin kebahagiaan |
Mahasiswa: Mahasiswa mempelajari materi yang ada di CDS Mahasiswa membuat resume dan menjawab kuis Memastikan bahwa terdapat materi dan penugasan di CDS Memastikan berjalannya pembelajaran di CDS |
15 |
Bagaimana islam menghadapi tantangan modernisasi |
Mahasiswa: Mahasiswa mendengarkan penjelasan yang disampaikan oleh Dosen via zoom. Mahasiswa membuat resume dan menjawab kuis Memastikan bahwa terdapat materi dan penugasan di CDS Dosen melakukan pemaparan materi dan kisi-kisi Ujian Akhir Semester via zoom |
16 |
Ujian Akhir Semester (UAS): |
Mahasiswa: Mahasiswa mengerjakan soal ujian, menjawab dengan baik dan benar melalui zoom, dan soal diberikan melalui newLMS. Dosen memastikan soal UAS sudah relevan dengan ketercapaian CPMK , dan sudah dikirim ke Departemen untuk proses Quality Control. Dosen memeriksa hasil ujian dan menyerahkan nilai sebelum batas waktu penyerahan nilai ke Departemen. Dosen Kordinator memeriksa ketercapaian seluruh CPMK oleh setiap mahasiswa. Dosen memberikan remedial kepada mahasiswa yang tidak mampu untuk menunjukkan keterapaian salah satu atau beberapa CPMK. |